Dampak Positif Facebook



Selain dampak negatif Facebook yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, sekarang saya ingin membahas sisi lain mengenai dampak positif dari kehadiran Facebook di tengah-tengah masyarakat dunia. Sudah menjadi hal umum bahwa dengan munculnya Facebook kepopulerannya mampu bersaing dengan situs online raksasa Google, menjadikan sebagian besar masyarakat dunia mendaftarkan diri di situs jejaring sosial ini.

Banyak sekali pengguna Facebook yang memanfaatkan Facebook sebagai ajang mencari teman, menjalin keakraban, hingga bertemu dengan teman lama. Dengan berbagai fitur lengkap yang disediakan Facebook, tampilan yang friendly, serta cara akses yang semakin mudah, menjadikan Facebook diminati banyak kalangan, mulai dari remaja hingga lansia. Sehingga dominasi Facebook sekarang ini jauh di atas situs jejaring sosial lainnya.

Kehadiran Facebook yang menjadi primadona online, sering dimanfaatkan oleh penggunanya sebagai media komunikasi berbasis online yang dirasa cukup bermanfaat dan memiliki kelebihan dibanding alat komunikasi seperti handphone.

Berikut ini merupakan beberapa dampak positif Facebook yang dirasakan oleh sebagian besar penggunanya :

1. Mempererat silaturahmi
Media komunikasi online berupa Facebook ini tidak dapat terlepas dari fungsi utamanya yaitu media interaksi sosial. Dengan Facebook para pengguna dapat saling berkomunikasi tanpa batas. Kita tahu bahwa komunikasi adalah salah satu cara untuk mempererat silaturahmi, jadi Facebook menurut saya dapat dikatakan sebagai ajang silaturahmi online. hehe...

Tapi ingat ya, bahwa kehidupan kita adalah kehidupan nyata bukan di dunia maya seperti di Facebook, jadi bijaksanalah dalam memanfaatkannya.



2. Mengetahui potensi diri
banyak sekali postingan Facebook yang membicarakan pengetahuan umum, berita hangat, bahkan ada juga kuis-kuis yang diadakan beberapa halaman/fanspage dengan hadiah yang beragam. Nah, postingan yang beragam inilah dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengetahui potensi diri kita. Maka dari itu, Facebook selain sebagai media interaksi juga dapat dimanfaatkan sebagai ajang berbagi ilmu dan pengetahuan. Namun saya juga merasa prihatin dengan banyaknya status yang berbau kesyirikan, penghinaan, dll.

Ingatlah bahwa Allah mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi, baik di kehidupan nyata maupun di online... ^_^

3. Media promosi
Jelas, Facebook bisa digunakan sebagai media promosi, entah itu mempromosikan produk, jasa, instansi, atau hal lain. Saat ini pun banyak sekali pengusaha yang melakukan bisnis di Facebook. Bahkan, pada saat pemilu legislatif kemarin, sebagian caleg juga menggunakan facebook untuk media kampanyenya. Hal ini dikarenakan pengguna Facebook di Indonesia hampir mencapai 50 juta, jadi pengumpulan masa melalui Facebook sangatlah efektif.

4. Sarana diskusi
Di facebook kita bisa bergabung dengan berbagai komunitas / grup. Melalui grup banyak sekali pengetahuan hingga pengalaman yang akan kita dapatkan, hal ini dikarenakan Grup Facebook memang disediakn untuk orang-orang yang memiliki kegemaran atau hobi yang sama. Namun yang paling penting adalah jangan sala masuk grup, karena tidak semua grup Facebook mengarah ke tujuan yang positif.

5. Tempat curhat
Hmmm, yang ini mungkin bisa juga, kalau kita memiliki masalah, kita tinggal mengupdate status facebook kita dengan masalah yang sedang kita hadapi, nanti kalau ada orang yang peduli, pasti orang tersebut bakal memberi komentar yang isinya mungkin cuma sekedar memberi semangat atau bahkan memberikan alternatif untuk menyelesaikan masalah. Tapi tempat curhat terbaik tetap, Allah swt. Satu-satunya Dzat Yang bisa menunjukkan jalan keluar atas setiap masalah yang kita hadapi. Betul ??? hehe..


Itulah beberapa dampak positif yang dapat dirasakan oleh para pengguna Facebook. Segala hal dapat berimbas positif maupun negatif tergantung individu masing-masing, begitu juga dengan pemanfaatan Facebook.

Mengenai salah satu manfaat facebook di atas, saya ingin menunjukkan pemanfaatan facebook yang mampu memberikan hasil berupa finansial kepada kita, yakni pemanfaatan facebook sebagai media promosi. Facebook sangat tepat bagi Anda yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil, bahkan yang tidak memiliki modal pun bisa. dapatkan panduan lengkap mengenai cara bisnis di Facebook dengan mengklik gambar di bawah ini.



Tidak ada sesuatu yang tidak eberguna di dunia, manusia telah diberikan sarana dan prasaranan oleh Allah, tingal bagaimana manusia memanfaatkannya, apakah sebagai alat yang bernilai manfaat atau bernilai mudharat... ^_^

Mari berbisnis via Facebook. Salam kesuksesan.

0 comments:

Post a Comment