Dampak Negatif Facebook

Perkembangan situs jejaring sosal seperti virus yang membuat para penggunanya ketagihan untuk mengakses setiap hari, banyak orang yang menghabiskan waktu seharian untuk online tanpa manfaat yang ia dapatkan. Coba kita telusuri salah satu situs jejaring sosial terbesar terpopuler saat ini, yakni Facebook.

Facebook memiliki member yang hampir mencapai 1 milyar pengguna. Jumlah ini dapat dikatakan lebih besar dari sebuah negara. Perlu kita ketahui bahwa setiap hari jutaan status dibuat dibuat, jutaan foto diupload, jutaan video dibagikan. Ini adalah realita alias nyata.

Facebook merupakan situs jejaring sosial hasil tangan kreatif Mark Zuckerberg. Sejak awal diluncurkannya yankni sekitar tahun 2004 silam, Facebook telah berhasil menarik perhatian sebagian besar masyarakat dunia. Selain dikarenakan kemudahan akses, fitur Facebook pun kaya akan pilihan. Berbagai aplikasi dapat diinstal dengan mudah dengan beragam pilihan mulai dari aplikasi photo editor, game online, business suppport hingga entertain pun dapat kita temui.

Namun dibalik gemerlapnya kepopuleran Facebook, ada dampak negatif Facebook yang tidak disadari oleh sebagian besar penggunanya, yakni :

  1. Melalaikan pekerjaan, biasanya terjadi pada pegawai kantor ataupun ibu rumah tangga yang keasikan bermain Facebook sehingga pekerjaannya tertunda.
  2. Menjadikan pelajar malas belajar, akses Facebook kini tergolong sangat mudah. Hanya bermodal HP pun sudah dapat dijadikan media untuk mengakses Facebook. Operator seluler mendukung akses Facebook dengan memberikan promo menarik bagi penggunanya yang gemar mengakses Facebook, hal inilah yang terkadang sulit untuk menghilangkan kecanduan para pelajar bermain Facebook.
  3. Hubungan dengan orang terdekat terganggu, dapak dari keasikan yang ditawarkan Facebook, menjadikan penggunanya betah berlama-lama di depan komputer atau di depan HP-nya. Keadaan ini akan mengganggu hubungan mereka dengan orang terdekat. Mereka menjadi lebih sering berinteraksi bersama teman “maya”-nya ketimbang orang terdekatnya.
  4. Menimbulkan tindak kejahatan, mungkin sebagian besar orang bagaimana bisa orang bertindak jahat melalui Facebook. Namun jangan salah, kita sering mendengar kasus kriminal yang bermula dari Facebook. Walaupun Facebook hanyalah media online yang sangat jarang antar penggunanya bertemu di kehidupan nyata, namun bagi seorang penjahat ini adalah media pendukung tindak kejahatan mereka. Calon korban dibujuk dengan berbagai usaha agar mau bertemu dengan mereka. Dan inilah awal kejahatan yang terencana. Benyak kasus pembunuhan, pemerkosaan bahkan perampokan yang berawal dari interaksi berkala di Facebook.
Melihat begitu besar dampak negatif yang ditimbulkan oleh Facebook, sepatutnya bagi para orang tua untuk membimbing anak-anaknya dalam mengakses Facebook. Dan bagi orang dewasa lebh bijaklah dalam memanfaatkan Facebook, gunakanlah Facebook seperlunya tanpa mengesampingkan kehidupan nyata. Kita hidup di dunia offline buka online. Saya pun prihatin banyak pengguna Facebook yang melalaikan sholat karena keasikan bermain Facebook.

Disamping dampak negatif yang ditimbulkan oleh Facebook, dampak positif juga menyertainya. Yakni kita dapat memanfaatkan Facebook sebagai ajang memperoleh keuntungan alias bisnis di Facebook, kok bisa? Klik gambar di bawah ini untuk mengetahui informasi lengkap mengenai caraberbisnis di Facebook. Baca juga artikel Halaman Facebook sebagai media bisnis.


Jadi apakah Anda termasuk ke dalam pengguna Facebook yang memanfaatkan Facebook secara sia-sia, atau sebagai media yang bermanfaat bagi diri Anda dan orang lain. Itu semua tergantung pribadi masing-masing. ^_^

0 comments:

Post a Comment