Sejarah Perkembangan Facebook

Bisnis di Facebook
Siapa diantara Anda yang tidak mengetahui FACEBOOK?

FACEBOOK merupakan  fenomena yang sangat menghebohkan di dunia online selama beberapa tahun terakhir sejak tahun 2006 yang lalu. Namun apakah Anda tahu dibalik kisah kesuksesan jejaring sosial ini?


“FACEBOOK diciptakan oleh seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 di Dobbs Ferry, Westchester Country, New York, Amerika Serikat (AS) bernama Mark Zuckerberg.”


Sebelum Facebook diciptakan, Mark Zuckerberg telah memulai proyeknya dengan menciptakan facemash.com pada 28 Oktober 2003 yang memungkinkan setiap mahasiswa dapat melihat daftar teman sekelasnya dan dapat memberikan tanda atau stempel “keren” atau “jelek” pada foto seorang mahasiswa serta dapat memilih foto siapa yang cantik.

Untuk melancarkan aksinya dalam pengembangan situsnya tersebut, Mark Zuckerberg meretas/membobol ke bagian jaringan komputer Harvard untuk mendapatkan foto dan ID dari setiap mahasiswa.

Atas tindakan ini, beberapa hari setelahnya, server dari facemash.com dimatikan oleh pihak administrasi Harvard dan Zuckerberg terancam dikeluarkan dengan alasan telah melanggar hak cipta dan mengabaikan peraturan privasi, namun hukuman tersebut dibatalkan.

Atas insiden ini, Zuckerberg kemudian menciptakan Facebook yang digarap dan dikembangkan bersama teman sekamarnya dan sesama teman mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.

Facebook yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. diluncurkan pada bulan Februari 2004. Awalnya pengguna Facebook hanya terbatas untuk mahasiswa Harvard, hanya dalam kurun waktu 1 bulan, lebih dari setengah mahasiswa terdaftar di situs ini. Kemudian melebarkan sayap sehingga semua mahasiswa di universitas sekitar dapat merasakan manfaatnya.

Kini keanggotaan Facebook bersifat tidak terbatas namun tidak diperbolehkan kepada orang berusia dibawah 13 tahun. Dan data keanggotaan pun semakin diperketat agar menciptakan jejaring pertemanan yang dapat dibilang seperti mengadopsi kehidupan nyata.

Berikut ini perkembangan pesat yang dialami Facebook :
  1. Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California, dan untuk pertam kalinya Facebook menerima investasi dari pendiri PayPal, Peter Thiel sebesar US$ 500.000.
  2. Pada 23 Agustus 2005, Zuckerberg membeli domain Facebook.com senilai US$ 200.000 atau sekitar Rp. 1,86 milyar dari Aboutface Corporation, menggantikan domain pendahulunya theFacebook.com
  3. Pada 2 September 2005, Facebook membuka kesempatan kepada siswa sekolah menengah atas untuk bergabung menjadi bagian dari anggotanya. Kemudian merambah kepada karyawan  perusahaan-perusahaan ternama diantaranya Apple, Inc. dan Microsoft.
  4. Pada 26 September 2006, keanggotaan Facebook terbuka bagi setiap orang yang berusia 13 tahun atau lebih.
  5. Pada 24 Oktober 2007, Microsoft membeli 1,6% saham Facebook atau senilai $240 juta dari harga Facebook senilai $15 milyar. Pembelian saham tersebut memberikan hak kepada Microsoft untuk menempatkan iklan internasional di Facebook.
  6. Bulan November 2010, nilai Facebook mencapai $41 milyar yang menjadikannya menempati urutan perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon. (versi SecondMarket, Inc. , sebuah bursa saham perusahaan swasta).
  7. Trafik kunjungan ke Facebook meningkat secara signifikan sejak tahun 2009 sehingga pada 13 Maret 2010, jumlah pengunjung Facebok mengalahkan Google.
  8. Bulan Desember 2011, menurut hasil studi Nielsen Media Research, Facebook adalah situs web paling banyak diakses kedua di Amerika Serikat.
  9. Pada bulan Maret 2012, Facebook meluncurkan App Center, yakni toko online yang menjual aplikasi yang terhubung ke Facebook.
  10. Pada awal Mei 2012, Facebook mengakuisi Glancee perusahaan yang bergerak di bidang penjelajahan sosial.
  11. Inilah waktu yang ditunggu-tunggu para investor. Pada 17 Mei 2012, Facebook, Inc. melakukan penawaran umum perdana/Initial Public Offering (IPO) sehingga membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk memiliki sebagian saham dari Facebook. Harga saham awalnya $38 per lembar. Sehingga nilai perusahaan mencapai $104 milyar.
  12. Setelah IPO tersebut, Zuckerberg memperoleh 22% saham Facebook dan 57% hak suara. IPO ini merupakan terbesar ketiga dalam sejarah Amerika Serikat karena berhasil menggalang $16 milyar.
Kini Zuckerberg memiliki sekitar 2000 orang karyawan. Bermarkas di tempat yang lebih mirip asrama mahasiswa, Facebook dikenal sebagai perusahaan yang unik karena dipimpin oleh para eksekutif dan petinggi yang berusia muda antara 24 – 37 tahun.

Kegiatan operasional perusahaan pun berbeda dengan perusahaan lainnya yang lebih mengedepankan formalitas. Karyawan Facebook tak perlu berpakaian rapi saat bekerja. Berbaju santai, bercelana pendek dipadu sandal jepit menjadi busana kegemaran mereka.

Walaupun telah memiliki uang lebih dari $3 milyar dari jejaring sosial Facebook dengan total pengguna mencapai lebih dari 1 milyar ini, Zuckerberg tetap bersikap sederhana.

Inilah sejarah perkembangan Facebook sekaligus perjalanan panjang yang dilalui Zuckerberg dalam mengembangkan jejaring sosial Facebooknya, yang semula dimaksudkan sebagai wadah sosial dalam lingkup kecil, kini telah berkembang pesat menjadi wadah pertemanan terbesar online di dunia, bahkan sepak terjangnya banyak dimanfaatkan oleh semua kalangan dengan berbagai tujuan, diantaranya sebagai media komunikasi online, berbagi pengetahuan hingga tujuan bisnis dengan target pasar yang menjangkau seluruh dunia.

Fenomena kepopuleran Facebook tidak hanya terhenti pada ajang interaksi sosial online saja, namun keberadaannya mampu kita manfaatkan sebagai penunjang bisnis untuk memperoleh penghasilan. Ingin tahu bagaimana cara bisnis di Facebook dengan modal NOL omset jutaan per bulan? Klik gambar di bawah ini dan dapatkan panduannya.

Bisnis di Facebook


Bisnis di Facebook sangatlah efisien dikarenakan kepopuleran serta banyaknya pengguna yang terdaftar sehingga memberikan peluang emas bagi para pebisnis.

0 comments:

Post a Comment